𝓘𝓷𝓯𝓻𝓪𝓼𝓽𝓻𝓾𝓴𝓽𝓾𝓻 𝓓𝓪𝓽𝓪 𝓦𝓪𝓻𝓮𝓱𝓸𝓾𝓼𝓮

Nama : Nadira Andini

NPM : 21120004

Mata Kuliah : Data Warehouse

Dosen Pengampu : Dito Putro Utomo, S.Kom, M.Kom.


Infrastruktur Data warehouse ,Menurut O’Neil (1997), data warehouse terdiri dari komponen- komponen arsitektural yang menyusun infrastruktur data warehouse :

 a. Sistem infrastructure: Perangkat keras, perangkat lunak, jaringan,sistem manajemen basis data, dan komponen personalia dari infrastruktur 

b. Metadata layer: Data tentang data, yang dalam hal ini mencakup definisi dan deskripsi dari item data dan aturan bisnis, namun cakupannya tidak hanya terbatas pada hal tersebut saja.

 c. Data discovery: Proses pemahaman lingkungan yang sekarang sehingga dapat diintegrasikan ke dalam data warehouse 

Unsur-unsur   infrastruktur   data   warehouse   dapat   dikelompokkan   menjadi   dua   kategori: infrastruktur operasional dan infrastruktur fisik. Perbedaan ini penting karena elemen dalam setiap kategori berbeda sifat dan fiturnya dibandingkan dengan kategori lainnya.

A. Infrastruktur Operasional 

Infrastruktur operasional untuk mendukung setiap komponen arsitektural terdiri dari: 

  • People (orang), Pengguna Data Warehouse 
  • Procedures (Prosedur)
Aturan-aturan dan prosedur bisnis perusahaan
  • Training (Latihan) , Pelatihan agar pengguna Data Warehouse dapat menggunakan 
  • Management software (Perangkat Lunak Manajemen) ,Pengawasan dan pengurusan tugas Data Warehouse 
Inilah yang dibutuhkan untuk menjaga agar data warehouse tetap berjalan.  Unsur-unsur ini sama pentingnya dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang menjaga agar data warehouse tetap berjalan. Mereka mendukung pengelolaan data warehouse dan menjaga efisiensinya.  Meskipun  memiliki  perangkat  keras  dan  perangkat  lunak  yang  tepat,  data warehouse  memerlukan  infrastruktur  operasional  agar  berfungsi  dengan  baik. Tanpa infrastruktur operasional yang tepat, data warehouse cenderung menjadi efektif.

B. Infrastruktur Fisik 

Gambar di bawah menyoroti unsur-unsur utama infrastruktur fisik. Seperti yang diketahui, setiap  sistem,  termasuk  data  warehouse  harus  memiliki  platform  yang  terdiri  dari komponen perangkat keras dasar, sistem operasi dengan perangkat lunak utilitas, jaringan, dan perangkat lunak jaringan.
Contoh infrastruktur fisik:
a. Hardware
b. Operating Sistem 
c. DBMS 
d. Network Software 
Keseluruhan platform adalah seperangkat  alat yang  berjalan  di  platform  yang  dipilih  untuk  melakukan  berbagai  fungsi  dan layanan komponen arsitektur individu.



Infrastruktur ini harus dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, infrastruktur juga harus dibuat semodular mungkin dan terbaharukan jika ada perkembangan infrastruktur terbaru atau karena ada harga infrastruktur yang lebih terjangkau.

Setalah itu ada beberapa faktor yang sangat penting dalam pembuatan infrastuktur Data warehouse yaitu pemilihan hardware dan software yang digunakan . Hal ini penting karena nanti pada saat perusahaan sudah menerapkan datawarehouse secara penuh ,pimilihan ini juga akan menjadi salah satu bagian penting yang berperan dalam penggunaan data warehouse sehari hari pada perusahaan.

 PILIHAN UMUM HARDWARE

 Dalam pemiilihan Hardware terdapat beberapa pilihan untuk digunakan dalam penerapan Insfrastuktur data warehouse antara lain : 
a. Mainframe Hardware 
Teruji kemampuannya dirancang Untuk OLTP dan bukan untuk aplikasi pendukung keputusan tidak hemat biaya untuk data warehouse.

 b. Server Open System 
Server UNIX pilihan medium untuk kebanyakan data warehouse biasanya Sempurna Sesuai untuk pengolahan paralel

 c. NT Server
 Mendukung data warehouse ukuran menengah Kemampuan proses paralel yang terbatas Hemat biaya untuk data war

POINT PENTING DLM MEMILIH HARDWARE

Skalabilitas (bisa mengimbangi)SupportVendor referenceStabilitas VendorKeamananKeandalan/realiabilityAvailability/ KetersediaanPreemptive MultitaskingMultithreaded (beberapa urutan terjadi dalam sebuah proses, tetapi dapat dijalankan secara independen.)Protection Memori

SOFTWARE DATABASE 

Seperti halnya pemilihan hardware, ada beberapa pilihan juga terkait dalam pemilihan software yang akan di terapkan dalam emubatan insfrastuktur data warehouse antara lain :
 a. Parallel Processing Options
 b. Pemilihan DBMS 
c. Collection Tools

CONTOH INFRASTRUKTUR DATA WAREHOUSE

1. Sumber Data
Sumber data dari data warehouse berasal dari data-data yang terdapat pada tabeltabel master dan transaksi database operasional. Data yang diambil adalah data yang bersangkutan dengan pengawasan stok persediaan, proses penjualan, dan pembelian. 

2. Transformasi Data 
Transformasi data merupakan proses pemindahan dan perubahan format data yang mana datanya berasal dari data-data pada database operasional untuk dipindahkan ke dalam data warehouse. Karena data yang diambil berasal dari platform berbeda dan mempunyai jenis media yang berbeda juga maka proses transformasi ini berguna untuk menjadikan data-data tersebut seragam sehingga data yang dihasilkan konsisten dan akurat. Dalam transformasi data terdapat tiga proses yang sering disebut ETL atau Extract, Transform dan Loading. Extract merupakan proses pengambilan dan pemilihan data dari sumber data untuk dimasukkan ke data warehouse. Kemudian dilakukan transformasi terhadap data yang di-extract sebelumnya untuk dijadikan ke bentuk yang konsisten dan seragam. Terakhir, pada proses loading, dilakukan proses penyimpanan hasil transformasi yang telah dilakukan sebelumnya ke dalam data warehouse. 

3. Data Warehouse
Pada komponen ini tersimpan data-data yang telah disaring dan nantinya akan digunakan sebagai sumber analisa laporan. Data-data yang tersimpan dalam data warehouse merupakan historical data yang mempunya jangka waktu tertentu. 

4. OLAP 
OLAP berfokus pada konsep multidimensional database dan memungkinkan user untuk menganalisis data pada data warehouse dengan menggunakan view yang kompleks dan multi dimensi. Sehingga user dapat menganalisis data tersebut dari sudut pandang yang berbeda-beda.

5. User 
User menggunakan dan mengakses data yang ada di dalam data warehouse melal ui aplikasi yang dibuat. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah dan juga mempercepat user untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. 

6. Front End Tools
Dapat dikatakan komponen ini adalah sebuah interface di mana interface ini yang menghubungkan data warehouse dengan user. Dengan interface, memudahkan user untuk mengambil data dari data warehouse untuk dibuat menjadi sebuah laporan.




Komentar